Contoh Soal Olimpiade Matematika SD Kelas 3

contoh soal olimpiade matematika sd kelas 3

Halo, para siswa kelas 3 yang hebat! Kalian sudah siap mengasah otak dengan soal-soal olimpiade matematika? Ayo kita mulai petualangan seru ini bersama-sama! Di sini, kalian akan menemukan contoh-contoh soal yang akan menguji kemampuan berpikir logis, penalaran, dan pemecahan masalah kalian.

Jangan khawatir jika kalian merasa belum cukup siap. Soal-soal ini dirancang dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, sehingga cocok untuk semua level. Yang terpenting, kalian berusaha dengan sungguh-sungguh dan tidak menyerah. Dengan semangat pantang menyerah dan ketekunan, kalian pasti bisa menaklukkan setiap soal.

Selain sebagai latihan, soal-soal ini juga bisa menjadi tolak ukur kemampuan kalian. Kalian bisa mengukur seberapa jauh pemahaman kalian tentang materi matematika yang telah diajarkan. Jadi, bersiaplah untuk memberikan yang terbaik dan buktikan bahwa kalian adalah siswa-siswi yang cerdas dan penuh potensi.

Soal Olimpiade Matematika SD Kelas 3

1. Soal Hitung Cepat

**Soal 1:**Jika ada 10 apel, 5 jeruk, dan 7 pisang, berapa jumlah total buah?

Jawaban:Jumlah total buah adalah 10 + 5 + 7 = 22 buah.

**Soal 2:**Dalam sebuah kelas terdapat 25 siswa. Jika 12 siswa adalah perempuan, berapa jumlah siswa laki-laki?

Jawaban:Jumlah siswa laki-laki adalah 25 – 12 = 13 siswa.

**Soal 3:**Sebuah persegi panjang memiliki panjang 8 cm dan lebar 5 cm. Berapa luas persegi panjang tersebut?

Jawaban:Luas persegi panjang adalah panjang x lebar, yaitu 8 cm x 5 cm = 40 cm².

**Tips Menyelesaikan Soal Hitung Cepat:**- Bacalah soal dengan teliti dan pastikan kamu memahami apa yang ditanyakan.- Pisahkan operasi hitung yang berbeda, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.- Gunakan strategi cepat, seperti menghitung selisih atau menggandakan setengah dari nilai tertentu.- Perhatikan urutan operasi hitung, seperti mengerjakan perkalian dan pembagian sebelum penjumlahan dan pengurangan.

Dengan latihan yang teratur, kamu bisa meningkatkan kecepatan dan akurasimu dalam mengerjakan soal hitung cepat.

Soal Hitung Cerita

Soal Cerita 1

Rina memiliki 15 kelereng. Dia memberikan 7 kelereng kepada temannya. Berapa kelereng yang tersisa pada Rina?

Penyelesaian:

– Rina memiliki 15 kelereng.- Dia memberikan 7 kelereng kepada temannya.- Maka, kelereng yang tersisa pada Rina adalah:“`15 – 7 = 8“`Jadi, Rina memiliki sisa 8 kelereng.

Soal Cerita 2

Sebuah bus berangkat dari terminal pada pukul 07.00 dan tiba di tujuan pada pukul 10.00. Berapa lama perjalanan bus tersebut?

Penyelesaian:

– Bus berangkat pada pukul 07.00.- Bus tiba di tujuan pada pukul 10.00.- Maka, lama perjalanan bus tersebut adalah:“`10.00 – 07.00 = 3“`Jadi, lama perjalanan bus tersebut adalah 3 jam.

Soal Cerita 3

Di sebuah toko buku terdapat 250 buku. Jika 120 buku terjual, berapa sisa buku yang belum terjual?

Penyelesaian:

– Di toko buku terdapat 250 buku.- 120 buku terjual.- Maka, sisa buku yang belum terjual adalah:“`250 – 120 = 130“`Jadi, sisa buku yang belum terjual adalah 130 buku.

Soal Geometri

3. Soal Geometri

**1. Gambarlah persegi dengan panjang sisi 5 cm.**

Untuk menggambar persegi dengan panjang sisi 5 cm, ikuti langkah-langkah berikut:a. Gambarlah sebuah garis lurus sepanjang 5 cm.b. Dari ujung garis pertama, gambarlah sebuah garis lurus yang tegak lurus dengan panjang 5 cm.c. Dari ujung garis kedua, gambarlah sebuah garis lurus yang sejajar dengan garis pertama dengan panjang 5 cm.d. Dari ujung garis ketiga, gambarlah sebuah garis lurus yang tegak lurus dengan panjang 5 cm sehingga bertemu dengan ujung garis pertama.Persegi telah selesai digambar.

**2. Hitung luas lingkaran dengan jari-jari 7 cm.**

Rumus untuk menghitung luas lingkaran adalah:“`Luas = πr²“`di mana:* π adalah konstanta matematika yang bernilai sekitar 3,14* r adalah jari-jari lingkaranDalam soal ini, jari-jari lingkaran adalah 7 cm. Substitusikan nilai ini ke dalam rumus:“`Luas = 3,14 x 7² = 3,14 x 49 = 153,86 cm²“`Jadi, luas lingkaran tersebut adalah 153,86 cm².

**3. Gambarlah segitiga dengan alas 8 cm dan tinggi 10 cm.**

Untuk menggambar segitiga dengan alas 8 cm dan tinggi 10 cm, ikuti langkah-langkah berikut:a. Gambarlah sebuah garis lurus sepanjang 8 cm sebagai alas segitiga.b. Dari salah satu ujung alas, gambarlah sebuah garis lurus yang tegak lurus dengan panjang 10 cm sebagai tinggi segitiga.c. Dari ujung tinggi, gambarlah sebuah garis lurus yang menghubungkan dengan ujung alas lainnya.Segitiga telah selesai digambar.

Soal Logika

3 Soal Logika

– Ada 3 kotak yang masing-masing berisi apel, jeruk, dan pisang. Kotak A tidak berisi apel, kotak B tidak berisi pisang, dan kotak C berisi jeruk. Kotak manakah yang berisi apel?

Karena kotak A tidak berisi apel, maka apel pasti berada di kotak B atau C. Karena kotak B tidak berisi pisang, maka pisang pasti berada di kotak A atau C. Karena kotak C berisi jeruk, maka apel pasti berada di kotak B. Jadi, jawabannya adalah **kotak B**.

– Ada 4 anak yang sedang bermain, yaitu Andi, Budi, Cici, dan Doni. Andi lebih tua dari Budi, Cici lebih muda dari Doni, dan Doni lebih tua dari Budi. Siapa yang paling muda?

Karena Andi lebih tua dari Budi, dan Doni lebih tua dari Budi, maka Doni adalah yang paling tua. Karena Cici lebih muda dari Doni, dan Andi lebih tua dari Budi, maka Cici adalah yang paling muda. Jadi, jawabannya adalah **Cici**.

– Sebuah kereta api berangkat dari stasiun A pada pukul 10.00 dan tiba di stasiun B pada pukul 12.00. Jika kereta api tersebut melaju dengan kecepatan 60 km/jam, berapa jarak antara stasiun A dan stasiun B?

Karena kereta api melaju dengan kecepatan 60 km/jam dan berangkat pada pukul 10.00, maka kereta api telah melaju selama 2 jam (12.00 – 10.00 = 2). Dengan kecepatan 60 km/jam, kereta api telah menempuh jarak 2 x 60 = 120 km. Jadi, jawabannya adalah **120 km**.

Soal Penalaran

Soal penalaran menguji kemampuan berpikir logis dan bernalar kritis. Berikut adalah tiga contoh soal penalaran:

3 Soal Penalaran

1. Mengubah Urutan dalam Antrian

Ada 10 anak yang sedang mengantri. Jika 3 anak dari belakang maju 2 langkah, maka posisi mereka sekarang menjadi urutan berapa dari belakang?Format Jawaban:Posisi anak-anak dari belakang setelah maju 2 langkah:Langkah 1: Gambar Situasi Awal

Baris 1: Anak 1Baris 2: Anak 2...Baris 10: Anak 10

Langkah 2: Majukan 3 Anak dari Belakang

Baris 1: Anak 1Baris 2: Anak 2...Baris 7: Anak 10Baris 8: Anak 8Baris 9: Anak 7Baris 10: Anak 6

Langkah 3: Hitung Posisi BaruSetelah maju 2 langkah, 3 anak dari belakang sekarang berada di urutan ke-8, ke-9, dan ke-10 dari belakang.Jawaban:8, 9, 10

2. Membagi Tongkat dengan Sama

Sebuah tongkat dibagi menjadi 3 bagian dengan panjang yang sama. Jika panjang seluruh tongkat adalah 30 cm, berapa panjang setiap bagian?Format Jawaban:Panjang setiap bagian tongkat:Langkah 1: bagi Panjang Tongkat dengan Jumlah Bagian

Panjang setiap bagian = Panjang tongkat / Jumlah bagian

Langkah 2: Substitusikan Nilai

Panjang setiap bagian = 30 cm / 3 bagian= 10 cm

Jawaban:10 cm

3. Siswa yang Belajar Operasi Matematika

Ada 20 siswa yang sedang belajar matematika. Jika 5 siswa belajar penjumlahan, 6 siswa belajar pengurangan, dan 7 siswa belajar perkalian, berapa siswa yang belajar pembagian?Format Jawaban:Jumlah siswa yang belajar pembagian:Langkah 1: Jumlah Siswa yang Belajar Operasi Lain

Jumlah siswa belajar penjumlahan + pengurangan + perkalian = 5 + 6 + 7 = 18

Langkah 2: Hitung Siswa yang Belajar Pembagian

Jumlah siswa belajar pembagian = Jumlah siswa - jumlah siswa belajar operasi lain= 20 - 18= 2

Jawaban:2

Soal Bonus

Selain tiga soal utama, berikut adalah tiga soal bonus yang dapat mengasah kemampuan berpikir matematis anak-anak kelas 3 SD:

Soal 1

Sebuah persegi memiliki luas 49 cm2. Berapa panjang sisi persegi tersebut?

Pembahasan:

Untuk mencari panjang sisi persegi, kita perlu mencari akar kuadrat dari luas persegi. Jadi:

“`Panjang sisi = √49 cm²= 7 cm“`

Soal 2

Sebuah kolam berbentuk lingkaran dengan diameter 14 m. Berapa keliling kolam tersebut?

Pembahasan:

Keliling lingkaran dapat dihitung menggunakan rumus:

“`Keliling = πd“`

di mana:

* π (phi) adalah konstanta matematika sekitar 3,14* d adalah diameter lingkaran

Jadi, keliling kolam tersebut adalah:

“`Keliling = 3,14 x 14 m= 43,96 m“`

Soal 3

Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 6 cm. Berapa volume balok tersebut?

Pembahasan:

Volume balok dapat dihitung menggunakan rumus:

“`Volume = p x l x t“`

di mana:

* p adalah panjang balok* l adalah lebar balok* t adalah tinggi balok

Jadi, volume balok tersebut adalah:

“`Volume = 10 cm x 5 cm x 6 cm= 300 cm³“`

Leave a Comment