Soal Soal Olimpiade Matematika SD Kelas 4

Soal-soal Olimpiade Matematika SD Kelas 4

1. Soal Cerita Penalaran

**Soal 1**

Sebuah kereta api berangkat dari kota A pukul 06.00 WIB dan tiba di kota B pukul 09.00 WIB. Jarak kota A ke B adalah 240 km. Tentukan kecepatan rata-rata kereta api tersebut!

**Penyelesaian:**- Hitung selisih waktu tempuh kereta api: 09.00 – 06.00 = 3 jam- Hitung kecepatan rata-rata kereta api: 240 km / 3 jam = 80 km/jam**Soal 2**

Sebuah toko menjual 200 buah buku dengan harga Rp10.000 per buku. Jika toko tersebut mendapat untung 20%, hitunglah jumlah untung yang diperoleh toko tersebut!

**Penyelesaian:**- Hitung harga asli setiap buku: Rp10.000 / (100% + 20%) x 100% = Rp8.333,33- Hitung laba per buku: Rp10.000 – Rp8.333,33 = Rp1.666,67- Hitung total laba: Rp1.666,67 x 200 = Rp333.333**Soal 3**

Ada sebuah akuarium berbentuk kubus dengan panjang rusuk 60 cm. Berapakah volume akuarium tersebut?

**Penyelesaian:**- Volume kubus = (panjang rusuk)³- Volume akuarium = (60 cm)³ = 216.000 cm³

Soal Cerita Pemodelan Matematika

3 Soal Persamaan

1. Seorang pedagang mempunyai 50 buah apel. Ia membeli lagi apel sebanyak 25% dari jumlah apel yang dimilikinya. Berapa jumlah apel yang dimiliki pedagang sekarang?

* **Langkah 1: Tentukan jumlah apel yang dibeli kembali.**Jumlah apel yang dibeli kembali = 25% x 50 apel = 0,25 x 50 = 12,5 apel(Karena 25% adalah seperempat, maka kalikan dengan 0,25)* **Langkah 2: Jumlahkan jumlah apel awal dan apel yang dibeli kembali.**Jumlah apel sekarang = 50 apel + 12,5 apel = 62,5 apel(Karena 12,5 apel adalah setengah dari 25 apel, maka bulatkan ke atas menjadi 13 apel)**Jadi, jumlah apel yang dimiliki pedagang sekarang adalah 62,5 apel.**

2. Harga sebuah pensil adalah Rp5.000. Jika harga tersebut dinaikkan sebesar 20%, berapakah harga pensil sekarang?

* **Langkah 1: Hitung kenaikan harga.**Kenaikan harga = 20% x Rp5.000 = 0,20 x Rp5.000 = Rp1.000* **Langkah 2: Jumlahkan harga awal dan kenaikan harga.**Harga pensil sekarang = Rp5.000 + Rp1.000 = Rp6.000**Jadi, harga pensil sekarang adalah Rp6.000.**

3. Sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan panjang 15 m dan lebar 10 m. Jika lapangan tersebut akan diperluas menjadi 2 kali panjang dan lebar semula, berapa luas lapangan setelah diperluas?

* **Langkah 1: Tentukan panjang dan lebar lapangan setelah diperluas.**Panjang setelah diperluas = 2 x 15 m = 30 mLebar setelah diperluas = 2 x 10 m = 20 m* **Langkah 2: Hitung luas lapangan setelah diperluas.**Luas lapangan setelah diperluas = Panjang x Lebar = 30 m x 20 m = 600 m²**Jadi, luas lapangan setelah diperluas adalah 600 m².**

Soal Cerita Geometri

Soal cerita geometri mengharuskan siswa untuk memahami konsep geometri dasar dan menerapkannya untuk memecahkan masalah terkait. Berikut adalah tiga soal cerita geometri untuk kelas 4 SD di Indonesia:

3 Soal Bangun Datar

Sebuah Persegi Panjang

Sebuah persegi panjang memiliki panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Berapakah keliling persegi panjang tersebut?

**Penyelesaian:**

  1. Keliling persegi panjang = 2 x (panjang + lebar)
  2. Keliling = 2 x (12 cm + 8 cm) = 40 cm

**Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 40 cm.**

Sebuah Segitiga

Sebuah segitiga memiliki alas 10 cm dan tinggi 8 cm. Berapakah luas segitiga tersebut?

**Penyelesaian:**

  1. Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi
  2. Luas = 1/2 x 10 cm x 8 cm = 40 cm2

**Jadi, luas segitiga tersebut adalah 40 cm2.**

Sebuah Lingkaran

Sebuah lingkaran memiliki diameter 14 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?

**Penyelesaian:**

  1. Jari-jari lingkaran = diameter / 2
  2. Jari-jari = 14 cm / 2 = 7 cm
  3. Luas lingkaran = π x r2
  4. Luas = π x 7 cm x 7 cm = 153,94 cm2 (dibulatkan menjadi 154 cm2)

**Jadi, luas lingkaran tersebut adalah 154 cm2.**

Soal Aritmatika

3 Soal Pecahan

**1. Sederhanakan pecahan 12/24**Untuk menyederhanakan pecahan, kita perlu mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebutnya. FPB dari 12 dan 24 adalah 12. Jadi, kita bagi pembilang dan penyebut dengan 12:“`12 ÷ 12 = 124 ÷ 12 = 2“`Jadi, pecahan 12/24 dapat disederhanakan menjadi **1/2**.

**2. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil: 1/2, 1/4, 3/8**Untuk mengurutkan pecahan, kita dapat mengubahnya menjadi pecahan dengan penyebut yang sama. Penyebut persekutuan terkecil (FPT) dari 2, 4, dan 8 adalah 8. Jadi, kita ubah pecahan menjadi:“`1/2 = 4/81/4 = 2/83/8 = 3/8“`Sekarang, kita dapat mengurutkannya dari yang terkecil:**2/8 < 3/8 < 4/8**atau**1/4 < 3/8 < 1/2**

**3. Tentukan operasi hitung yang tepat untuk menyelesaikan soal: 3/4 + 1/2 – 2/8**Untuk menyelesaikan soal ini, kita perlu mencari penyebut persekutuan terkecil (FPT) dari 4, 2, dan 8. FPT dari 4, 2, dan 8 adalah 8. Jadi, kita ubah pecahannya menjadi:“`3/4 = 6/81/2 = 4/8-2/8 = -2/8“`Sekarang, kita dapat menyelesaikan soalnya:“`6/8 + 4/8 – 2/8 = 8/8 = **1**“`Jadi, operasi hitung yang tepat adalah **penjumlahan dan pengurangan**.

Soal Pengukuran

3 Soal Konversi Satuan

Konversi satuan adalah mengubah suatu besaran dari satu satuan ke satuan lain yang setara. Berikut adalah 3 soal konversi satuan yang khusus didesain untuk siswa kelas 4 SD:

  1. Ubahlah 1 m ke dalam satuan cm.
  2. Konversikan 2 kg ke dalam satuan g.
  3. Ubahlah 500 ml ke dalam satuan liter.

9 Soal Pengukuran Panjang

Pengukuran panjang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh suatu benda atau jarak antara dua titik. Soal-soal pengukuran panjang yang akan dibahas meliputi:

  1. Mencari panjang benda yang terdiri dari beberapa ruas.

    Contoh: Sebuah pensil memiliki panjang 15 cm. Lalu, penghapus yang ditempel di ujung pensil memiliki panjang 3 cm. Berapakah panjang pensil dan penghapus tersebut?

  2. Mengukur panjang benda yang melengkung.

    Contoh: Sebuah tali dibentangkan membentuk lingkaran. Panjang tali tersebut 20 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?

  3. Menghitung luas persegi panjang.

    Contoh: Sebuah persegi panjang memiliki panjang 5 cm dan lebar 3 cm. Berapakah luas persegi panjang tersebut?

  4. li> Menghitung keliling persegi panjang.

    Contoh: Sebuah persegi panjang memiliki panjang 5 cm dan lebar 3 cm. Berapakah keliling persegi panjang tersebut?

  5. Mengukur jari-jari dan diameter lingkaran.

    Contoh: Sebuah lingkaran memiliki diameter 10 cm. Berapakah jari-jarinya?

  6. Menghitung luas lingkaran.

    Contoh: Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 5 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?

  7. Menghitung volume balok.

    Contoh: Sebuah balok memiliki panjang 5 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 2 cm. Berapakah volume balok tersebut?

  8. Menghitung volume kubus.

    Contoh: Sebuah kubus memiliki panjang rusuk 4 cm. Berapakah volume kubus tersebut?

  9. Menghitung volume tabung.

    Contoh: Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 5 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume tabung tersebut?

6 Soal Pengukuran Waktu

Pengukuran waktu bertujuan untuk mengetahui lamanya waktu yang diperlukan untuk suatu peristiwa atau proses. Soal-soal pengukuran waktu yang akan dibahas meliputi:

  1. Menentukan selisih waktu antara dua peristiwa.
  2. Menghitung waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
  3. Mengubah satuan waktu dari detik ke menit, jam, hari, minggu, bulan, atau tahun.
  4. Menghitung jarak tempuh berdasarkan kecepatan dan waktu.
  5. Menghitung kecepatan berdasarkan jarak tempuh dan waktu.
  6. Menghitung waktu tempuh berdasarkan jarak tempuh dan kecepatan.

Agar lebih memahami konsep pengukuran waktu, siswa dapat mengerjakan soal-soal berikut:

  1. Sebuah mobil berangkat dari kota A pukul 08.00 WIB dan tiba di kota B pukul 10.30 WIB. Berapa lama waktu yang dibutuhkan mobil untuk menempuh perjalanan tersebut?
  2. Seorang pekerja menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 3 jam. Jika pekerja tersebut bekerja selama 5 jam, berapa persen pekerjaan yang telah diselesaikan?
  3. Sebuah kereta api berangkat dari stasiun A pukul 15.00 WIB dan tiba di stasiun B pukul 18.00 WIB. Jika jarak antara stasiun A dan stasiun B adalah 240 km, berapakah kecepatan kereta api tersebut?
  4. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 5 m/s selama 10 sekon. Berapa jarak yang ditempuh benda tersebut?
  5. Sebuah mobil menempuh jarak 120 km dalam waktu 2 jam. Berapa waktu yang dibutuhkan mobil untuk menempuh jarak 240 km dengan kecepatan yang sama?
  6. Sebuah pesawat terbang dengan kecepatan 800 km/jam. Jika pesawat tersebut menempuh jarak 2.400 km, berapa waktu yang dibutuhkan pesawat untuk sampai di tujuan?
  7. Sebuah lomba lari berlangsung selama 1 jam 30 menit. Jika pemenang lomba tersebut berlari dengan kecepatan rata-rata 10 km/jam, berapa jarak yang ditempuh oleh pemenang lomba tersebut?
  8. Sebuah sepeda motor menempuh jarak 90 km dalam waktu 1 jam 15 menit. Berapa kecepatan rata-rata sepeda motor tersebut?
  9. Sebuah bus berangkat dari terminal pukul 07.00 WIB dan tiba di tujuan pukul 10.00 WIB. Jika jarak antara terminal dan tujuan adalah 150 km, berapa kecepatan rata-rata bus tersebut?

Leave a Comment