Soal-soal Olimpiade Matematika SD Kelas 4
1. Soal Cerita Penalaran
**Soal 1**
Sebuah kereta api berangkat dari kota A pukul 06.00 WIB dan tiba di kota B pukul 09.00 WIB. Jarak kota A ke B adalah 240 km. Tentukan kecepatan rata-rata kereta api tersebut!
**Penyelesaian:**- Hitung selisih waktu tempuh kereta api: 09.00 – 06.00 = 3 jam- Hitung kecepatan rata-rata kereta api: 240 km / 3 jam = 80 km/jam**Soal 2**
Sebuah toko menjual 200 buah buku dengan harga Rp10.000 per buku. Jika toko tersebut mendapat untung 20%, hitunglah jumlah untung yang diperoleh toko tersebut!
**Penyelesaian:**- Hitung harga asli setiap buku: Rp10.000 / (100% + 20%) x 100% = Rp8.333,33- Hitung laba per buku: Rp10.000 – Rp8.333,33 = Rp1.666,67- Hitung total laba: Rp1.666,67 x 200 = Rp333.333**Soal 3**
Ada sebuah akuarium berbentuk kubus dengan panjang rusuk 60 cm. Berapakah volume akuarium tersebut?
**Penyelesaian:**- Volume kubus = (panjang rusuk)³- Volume akuarium = (60 cm)³ = 216.000 cm³
Soal Cerita Pemodelan Matematika
3 Soal Persamaan
1. Seorang pedagang mempunyai 50 buah apel. Ia membeli lagi apel sebanyak 25% dari jumlah apel yang dimilikinya. Berapa jumlah apel yang dimiliki pedagang sekarang?
* **Langkah 1: Tentukan jumlah apel yang dibeli kembali.**Jumlah apel yang dibeli kembali = 25% x 50 apel = 0,25 x 50 = 12,5 apel(Karena 25% adalah seperempat, maka kalikan dengan 0,25)* **Langkah 2: Jumlahkan jumlah apel awal dan apel yang dibeli kembali.**Jumlah apel sekarang = 50 apel + 12,5 apel = 62,5 apel(Karena 12,5 apel adalah setengah dari 25 apel, maka bulatkan ke atas menjadi 13 apel)**Jadi, jumlah apel yang dimiliki pedagang sekarang adalah 62,5 apel.**
2. Harga sebuah pensil adalah Rp5.000. Jika harga tersebut dinaikkan sebesar 20%, berapakah harga pensil sekarang?
* **Langkah 1: Hitung kenaikan harga.**Kenaikan harga = 20% x Rp5.000 = 0,20 x Rp5.000 = Rp1.000* **Langkah 2: Jumlahkan harga awal dan kenaikan harga.**Harga pensil sekarang = Rp5.000 + Rp1.000 = Rp6.000**Jadi, harga pensil sekarang adalah Rp6.000.**
3. Sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan panjang 15 m dan lebar 10 m. Jika lapangan tersebut akan diperluas menjadi 2 kali panjang dan lebar semula, berapa luas lapangan setelah diperluas?
* **Langkah 1: Tentukan panjang dan lebar lapangan setelah diperluas.**Panjang setelah diperluas = 2 x 15 m = 30 mLebar setelah diperluas = 2 x 10 m = 20 m* **Langkah 2: Hitung luas lapangan setelah diperluas.**Luas lapangan setelah diperluas = Panjang x Lebar = 30 m x 20 m = 600 m²**Jadi, luas lapangan setelah diperluas adalah 600 m².**
Soal Cerita Geometri
Soal cerita geometri mengharuskan siswa untuk memahami konsep geometri dasar dan menerapkannya untuk memecahkan masalah terkait. Berikut adalah tiga soal cerita geometri untuk kelas 4 SD di Indonesia:
3 Soal Bangun Datar
Sebuah Persegi Panjang
Sebuah persegi panjang memiliki panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Berapakah keliling persegi panjang tersebut?
**Penyelesaian:**
- Keliling persegi panjang = 2 x (panjang + lebar)
- Keliling = 2 x (12 cm + 8 cm) = 40 cm
**Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 40 cm.**
Sebuah Segitiga
Sebuah segitiga memiliki alas 10 cm dan tinggi 8 cm. Berapakah luas segitiga tersebut?
**Penyelesaian:**
- Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi
- Luas = 1/2 x 10 cm x 8 cm = 40 cm2
**Jadi, luas segitiga tersebut adalah 40 cm2.**
Sebuah Lingkaran
Sebuah lingkaran memiliki diameter 14 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?
**Penyelesaian:**
- Jari-jari lingkaran = diameter / 2
- Jari-jari = 14 cm / 2 = 7 cm
- Luas lingkaran = π x r2
- Luas = π x 7 cm x 7 cm = 153,94 cm2 (dibulatkan menjadi 154 cm2)
**Jadi, luas lingkaran tersebut adalah 154 cm2.**
Soal Aritmatika
3 Soal Pecahan
**1. Sederhanakan pecahan 12/24**Untuk menyederhanakan pecahan, kita perlu mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebutnya. FPB dari 12 dan 24 adalah 12. Jadi, kita bagi pembilang dan penyebut dengan 12:“`12 ÷ 12 = 124 ÷ 12 = 2“`Jadi, pecahan 12/24 dapat disederhanakan menjadi **1/2**.
**2. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil: 1/2, 1/4, 3/8**Untuk mengurutkan pecahan, kita dapat mengubahnya menjadi pecahan dengan penyebut yang sama. Penyebut persekutuan terkecil (FPT) dari 2, 4, dan 8 adalah 8. Jadi, kita ubah pecahan menjadi:“`1/2 = 4/81/4 = 2/83/8 = 3/8“`Sekarang, kita dapat mengurutkannya dari yang terkecil:**2/8 < 3/8 < 4/8**atau**1/4 < 3/8 < 1/2**
**3. Tentukan operasi hitung yang tepat untuk menyelesaikan soal: 3/4 + 1/2 – 2/8**Untuk menyelesaikan soal ini, kita perlu mencari penyebut persekutuan terkecil (FPT) dari 4, 2, dan 8. FPT dari 4, 2, dan 8 adalah 8. Jadi, kita ubah pecahannya menjadi:“`3/4 = 6/81/2 = 4/8-2/8 = -2/8“`Sekarang, kita dapat menyelesaikan soalnya:“`6/8 + 4/8 – 2/8 = 8/8 = **1**“`Jadi, operasi hitung yang tepat adalah **penjumlahan dan pengurangan**.
Soal Pengukuran
3 Soal Konversi Satuan
Konversi satuan adalah mengubah suatu besaran dari satu satuan ke satuan lain yang setara. Berikut adalah 3 soal konversi satuan yang khusus didesain untuk siswa kelas 4 SD:
- Ubahlah 1 m ke dalam satuan cm.
- Konversikan 2 kg ke dalam satuan g.
- Ubahlah 500 ml ke dalam satuan liter.
9 Soal Pengukuran Panjang
Pengukuran panjang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh suatu benda atau jarak antara dua titik. Soal-soal pengukuran panjang yang akan dibahas meliputi:
- Mencari panjang benda yang terdiri dari beberapa ruas.
Contoh: Sebuah pensil memiliki panjang 15 cm. Lalu, penghapus yang ditempel di ujung pensil memiliki panjang 3 cm. Berapakah panjang pensil dan penghapus tersebut?
- Mengukur panjang benda yang melengkung.
Contoh: Sebuah tali dibentangkan membentuk lingkaran. Panjang tali tersebut 20 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?
- Menghitung luas persegi panjang.
Contoh: Sebuah persegi panjang memiliki panjang 5 cm dan lebar 3 cm. Berapakah luas persegi panjang tersebut?
- Mengukur jari-jari dan diameter lingkaran.
Contoh: Sebuah lingkaran memiliki diameter 10 cm. Berapakah jari-jarinya?
- Menghitung luas lingkaran.
Contoh: Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 5 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?
- Menghitung volume balok.
Contoh: Sebuah balok memiliki panjang 5 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 2 cm. Berapakah volume balok tersebut?
- Menghitung volume kubus.
Contoh: Sebuah kubus memiliki panjang rusuk 4 cm. Berapakah volume kubus tersebut?
- Menghitung volume tabung.
Contoh: Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 5 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume tabung tersebut?
li> Menghitung keliling persegi panjang.
Contoh: Sebuah persegi panjang memiliki panjang 5 cm dan lebar 3 cm. Berapakah keliling persegi panjang tersebut?
6 Soal Pengukuran Waktu
Pengukuran waktu bertujuan untuk mengetahui lamanya waktu yang diperlukan untuk suatu peristiwa atau proses. Soal-soal pengukuran waktu yang akan dibahas meliputi:
- Menentukan selisih waktu antara dua peristiwa.
- Menghitung waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
- Mengubah satuan waktu dari detik ke menit, jam, hari, minggu, bulan, atau tahun.
- Menghitung jarak tempuh berdasarkan kecepatan dan waktu.
- Menghitung kecepatan berdasarkan jarak tempuh dan waktu.
- Menghitung waktu tempuh berdasarkan jarak tempuh dan kecepatan.
Agar lebih memahami konsep pengukuran waktu, siswa dapat mengerjakan soal-soal berikut:
- Sebuah mobil berangkat dari kota A pukul 08.00 WIB dan tiba di kota B pukul 10.30 WIB. Berapa lama waktu yang dibutuhkan mobil untuk menempuh perjalanan tersebut?
- Seorang pekerja menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 3 jam. Jika pekerja tersebut bekerja selama 5 jam, berapa persen pekerjaan yang telah diselesaikan?
- Sebuah kereta api berangkat dari stasiun A pukul 15.00 WIB dan tiba di stasiun B pukul 18.00 WIB. Jika jarak antara stasiun A dan stasiun B adalah 240 km, berapakah kecepatan kereta api tersebut?
- Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 5 m/s selama 10 sekon. Berapa jarak yang ditempuh benda tersebut?
- Sebuah mobil menempuh jarak 120 km dalam waktu 2 jam. Berapa waktu yang dibutuhkan mobil untuk menempuh jarak 240 km dengan kecepatan yang sama?
- Sebuah pesawat terbang dengan kecepatan 800 km/jam. Jika pesawat tersebut menempuh jarak 2.400 km, berapa waktu yang dibutuhkan pesawat untuk sampai di tujuan?
- Sebuah lomba lari berlangsung selama 1 jam 30 menit. Jika pemenang lomba tersebut berlari dengan kecepatan rata-rata 10 km/jam, berapa jarak yang ditempuh oleh pemenang lomba tersebut?
- Sebuah sepeda motor menempuh jarak 90 km dalam waktu 1 jam 15 menit. Berapa kecepatan rata-rata sepeda motor tersebut?
- Sebuah bus berangkat dari terminal pukul 07.00 WIB dan tiba di tujuan pukul 10.00 WIB. Jika jarak antara terminal dan tujuan adalah 150 km, berapa kecepatan rata-rata bus tersebut?