Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal UAS Matematika Kelas 6 Semester 1 K13 Revisi 2018

Soal Pilihan Ganda

**Materi Bilangan****1.** Sebuah toko buah memiliki 4.500 buah apel dan 3.250 buah jeruk. Jika toko tersebut menjual 2.700 buah apel dan 1.500 buah jeruk, maka jumlah buah yang tersisa di toko tersebut adalah …

a. 4.050 buahb. 4.550 buahc. 5.050 buahd. 5.550 buah

**2.** Hasil dari 2.456 + 1.578 – 892 adalah …

a. 3.142b. 3.242c. 3.342d. 3.442

**3.** Pak Budi membeli 12 kg beras dengan harga Rp. 15.000,00 per kg. Jika Pak Budi membayar dengan uang Rp. 200.000,00, maka uang kembalian yang diterima Pak Budi adalah …

a. Rp. 20.000,00b. Rp. 30.000,00c. Rp. 40.000,00d. Rp. 50.000,00

**4.** Hasil dari 12,5% x 240 adalah …

a. 30b. 60c. 120d. 240

**5.** Perbandingan uang Andi dan Budi adalah 2 : 3. Jika jumlah uang mereka Rp. 45.000,00, maka uang Andi adalah …

a. Rp. 15.000,00b. Rp. 20.000,00c. Rp. 25.000,00d. Rp. 30.000,00

**Materi Pengukuran****6.** Sebuah persegi panjang memiliki panjang 12 cm dan lebar 9 cm. Keliling persegi panjang tersebut adalah …

a. 21 cmb. 33 cmc. 42 cmd. 54 cm

**7.** Volume sebuah kubus adalah 3.375 cm³. Panjang rusuk kubus tersebut adalah …

a. 15 cmb. 18 cmc. 21 cmd. 24 cm

**8.** Sebuah benda mempunyai massa 120 gram. Jika benda tersebut mempunyai volume 12 cm³, maka massa jenis benda tersebut adalah …

a. 10 g/cm³b. 12 g/cm³c. 15 g/cm³d. 18 g/cm³

**9.** Sebuah bak mandi berbentuk balok mempunyai panjang 1 m, lebar 0,5 m, dan tinggi 0,75 m. Volume air yang dapat ditampung oleh bak mandi tersebut adalah …

a. 375 literb. 475 literc. 575 literd. 675 liter

**10.** Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 60 km/jam selama 2 jam. Jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut adalah …

a. 90 kmb. 100 kmc. 110 kmd. 120 km

**Materi Bangun Datar****11.** Sebuah persegi mempunyai sisi 10 cm. Luas persegi tersebut adalah …

a. 50 cm²b. 100 cm²c. 150 cm²d. 200 cm²

**12.** Sebuah segitiga mempunyai alas 12 cm dan tinggi 8 cm. Luas segitiga tersebut adalah …

a. 48 cm²b. 96 cm²c. 144 cm²d. 192 cm²

**13.** Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 14 cm. Keliling lingkaran tersebut adalah …

a. 44 cmb. 88 cmc. 132 cmd. 176 cm

**14.** Luas sebuah jajar genjang adalah 120 cm². Jika tinggi jajar genjang tersebut 10 cm, maka panjang alas jajar genjang tersebut adalah …

a. 10 cmb. 12 cmc. 14 cmd. 16 cm

**15.** Sebuah trapesium mempunyai panjang sisi sejajar 12 cm dan 18 cm serta tinggi 8 cm. Luas trapesium tersebut adalah …

a. 120 cm²b. 150 cm²c. 180 cm²d. 210 cm²

Soal Uraian Singkat

Materi Peluang

Peluang adalah ukuran kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Pada materi ini, siswa akan belajar tentang:

  1. Menentukan peluang suatu kejadian
  2. Menghitung nilai harapan
  3. Menyajikan data peluang dalam diagram batang

Menentukan Peluang Suatu Kejadian

Untuk menentukan peluang suatu kejadian, siswa harus menghitung rasio banyaknya kejadian yang diinginkan dengan banyaknya kejadian yang mungkin.

Misalnya, jika ada 5 kelereng dalam sebuah kantong yang terdiri dari 2 kelereng merah, 1 kelereng biru, dan 2 kelereng hijau, maka peluang mengambil kelereng merah adalah:

“`Peluang = Jumlah kelereng merah / Jumlah semua kelerengPeluang = 2 / 5“`

Jadi, peluang mengambil kelereng merah adalah 2/5 atau 40%.

Menghitung Nilai Harapan

Nilai harapan adalah nilai rata-rata yang diharapkan terjadi pada suatu percobaan acak. Untuk menghitung nilai harapan, siswa harus mengalikan setiap hasil yang mungkin dengan probabilitasnya, lalu menjumlahkan hasilnya.

Misalnya, sebuah dadu dilempar satu kali. Hasil yang mungkin adalah 1, 2, 3, 4, 5, atau 6. Peluang muncul setiap angka adalah 1/6.

Nilai harapannya adalah:

“`Nilai Harapan = (1 x 1/6) + (2 x 1/6) + (3 x 1/6) + (4 x 1/6) + (5 x 1/6) + (6 x 1/6)Nilai Harapan = 3,5“`

Jadi, nilai harapan ketika sebuah dadu dilempar satu kali adalah 3,5.

Menyajikan Data Peluang dalam Diagram Batang

Diagram batang adalah cara grafis untuk menyajikan data peluang. Setiap batang mewakili suatu kejadian, dan tinggi batang menunjukkan peluang kejadian tersebut.

Misalnya, siswa dapat membuat diagram batang untuk menyajikan data peluang mengambil kelereng dari sebuah kantong yang berisi 2 kelereng merah, 1 kelereng biru, dan 2 kelereng hijau.

Diagram batang tersebut akan terlihat seperti ini:

“`|—|—|—|| Mer | Bir | Hij || 40% | 20% | 40% |“`

Diagram batang ini menunjukkan bahwa peluang mengambil kelereng merah atau hijau adalah 40%, sedangkan peluang mengambil kelereng biru adalah 20%.

## Soal Uraian Panjang### Materi Geometri dan Pengukuran**Menghitung Keliling dan Luas Bangun Datar**1. Sebuah persegi memiliki panjang sisi 10 cm. Hitunglah keliling dan luas persegi tersebut!2. Sebuah segitiga siku-siku memiliki panjang alas 8 cm dan tinggi 6 cm. Hitunglah luas segitiga tersebut!3. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 7 cm. Hitunglah keliling dan luas lingkaran tersebut!**Menentukan Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang**1. Sebuah kubus memiliki panjang rusuk 5 cm. Berapakah volume dan luas permukaan kubus tersebut?2. Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 4 cm. Hitunglah volume dan luas permukaan balok tersebut!3. Sebuah kerucut memiliki jari-jari alas 7 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah volume dan luas permukaan kerucut tersebut!**Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Geometri dan Pengukuran**1. Sebuah taman berbentuk persegi panjang memiliki panjang 15 m dan lebar 10 m. Di sekeliling taman akan dibangun pagar dengan tinggi 1,5 m. Berapa meter pagar yang dibutuhkan untuk mengelilingi taman tersebut?2. Sebuah bak mandi berbentuk kubus memiliki volume 1.728 cm³. Jika bak mandi tersebut diisi penuh dengan air, berapa tinggi air dalam bak mandi tersebut?3. Sebuah pipa berbentuk silinder memiliki diameter 14 cm dan panjang 2 m. Berapa volume air yang dapat mengalir melalui pipa tersebut dalam 1 detik jika kecepatan air 5 m/s? (anggap pipa terisi penuh)**Jawaban:****Menghitung Keliling dan Luas Bangun Datar**1. Keliling persegi = 4 x 10 cm = 40 cm Luas persegi = 10 cm x 10 cm = 100 cm²2. Luas segitiga = 1/2 x 8 cm x 6 cm = 24 cm²3. Keliling lingkaran = 2πr = 2π x 7 cm = 44 cm Luas lingkaran = πr² = π x 7 cm² = 154 cm²**Menentukan Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang**1. Volume kubus = s³ = 5 cm³ = 125 cm³ Luas permukaan kubus = 6s² = 6 x 5 cm² = 150 cm²2. Volume balok = p x l x t = 10 cm x 5 cm x 4 cm = 200 cm³ Luas permukaan balok = 2(pl + pt + lt) = 2(10 cm x 5 cm + 10 cm x 4 cm + 5 cm x 4 cm) = 180 cm²3. Volume kerucut = 1/3πr²t = 1/3π x 7 cm² x 10 cm = 459,88 cm³ Luas permukaan kerucut = πr(r + s) = π x 7 cm x (7 cm + 10 cm) = 444,27 cm²**Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Geometri dan Pengukuran**1. Keliling taman = 2(p + l) = 2(15 m + 10 m) = 50 m Panjang pagar = keliling taman + tinggi pagar = 50 m + 1,5 m = 51,5 m2. Volume bak mandi = 1.728 cm³ Tinggi air = volume bak mandi / luas alas = 1.728 cm³ / (12 cm x 12 cm) = 12 cm3. Volume air yang mengalir per detik = luas penampang pipa x kecepatan air = πr² x v = π(7 cm)² x 5 m/s = 769,93 cm³/s

Soal Uraian Analisis

Materi Statistika

Menampilkan Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram

1. Sebuah toko buah melakukan survei terhadap 100 pengunjung mengenai jenis buah yang disukai. Hasil survei disajikan dalam bentuk diagram batang berikut.

Diagram Batang

Buatlah tabel untuk menyajikan data tersebut!

Menentukan Mean, Median, Modus, dan Jangkauan Data

2. Berikut ini adalah nilai ulangan matematika dari 10 siswa: 7, 8, 9, 10, 7, 8, 9, 10, 8, 9.

  1. Tentukan mean (rata-rata) nilai ulangan tersebut!
  2. Tentukan median nilai ulangan tersebut!
  3. Tentukan modus nilai ulangan tersebut!
  4. Tentukan jangkauan nilai ulangan tersebut!

Menganalisis Data Statistik

3. Sebuah perusahaan melakukan survei terhadap 500 karyawannya mengenai tingkat kepuasan kerja. Hasil survei disajikan dalam bentuk tabel berikut.

| Tingkat Kepuasan | Jumlah Karyawan ||—|—|| Sangat Puas | 200 || Puas | 150 || Cukup Puas | 100 || Kurang Puas | 50 |

Buatlah diagram lingkaran untuk menyajikan data tersebut!

4. Sebuah sekolah melakukan survei terhadap 100 siswa mengenai Mata Pelajaran Favorit. Hasil survei diperoleh sebagai berikut:

  • Matematika: 25 siswa
  • Bahasa Indonesia: 20 siswa
  • IPA: 18 siswa
  • IPS: 16 siswa
  • Seni Musik: 14 siswa
  • Pendidikan Jasmani: 7 siswa

Buatlah laporan analisis data yang mencakup:

  1. Jumlah siswa yang menyukai setiap mata pelajaran
  2. Mata pelajaran yang paling disukai dan paling tidak disukai
  3. Persentase siswa yang menyukai setiap mata pelajaran
  4. Kesimpulan umum tentang mata pelajaran yang paling disukai siswa

**Analisis Data:**

  1. Jumlah siswa yang menyukai setiap mata pelajaran:
    • Matematika: 25 siswa
    • Bahasa Indonesia: 20 siswa
    • IPA: 18 siswa
    • IPS: 16 siswa
    • Seni Musik: 14 siswa
    • Pendidikan Jasmani: 7 siswa
  2. Mata pelajaran yang paling disukai dan paling tidak disukai:
  3. * Mata pelajaran yang paling disukai: Matematika (25 siswa)* Mata pelajaran yang paling tidak disukai: Pendidikan Jasmani (7 siswa)

  4. Persentase siswa yang menyukai setiap mata pelajaran:
    • Matematika: 25% (25 siswa / 100 siswa)
    • Bahasa Indonesia: 20% (20 siswa / 100 siswa)
    • IPA: 18% (18 siswa / 100 siswa)
    • IPS: 16% (16 siswa / 100 siswa)
    • Seni Musik: 14% (14 siswa / 100 siswa)
    • Pendidikan Jasmani: 7% (7 siswa / 100 siswa)
  5. Kesimpulan umum tentang mata pelajaran yang paling disukai siswa:
  6. Berdasarkan hasil survei, mata pelajaran yang paling disukai siswa adalah Matematika dengan persentase 25%. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tertarik dan menyukai mata pelajaran tersebut. Sementara itu, mata pelajaran yang paling tidak disukai adalah Pendidikan Jasmani dengan persentase 7%, menunjukkan bahwa siswa cenderung kurang tertarik pada mata pelajaran tersebut.

    Soal Uraian Kontekstual Materi Bilangan

    Soal uraian kontekstual pada bagian bilangan dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Soal-soal ini tidak hanya menguji keterampilan numerik siswa, tetapi juga kemampuan mereka dalam menganalisis dan menerapkan konsep bilangan dalam konteks dunia nyata.

    Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bilangan dalam Kehidupan Sehari-hari

    Contoh soal:

    Seorang pedagang buah memiliki 120 kg mangga. Setiap hari, ia menjual 15 kg mangga. Berapa harikah mangga tersebut akan habis terjual?

    Untuk menjawab soal ini, siswa perlu memahami konsep pembagian dan menerapkannya dalam konteks penjualan mangga. Mereka juga harus mempertimbangkan satuan berat (kg) dan waktu (hari).

    Menentukan Bilangan yang Sesuai dengan Nilai Tempat dan Operasi Hitung

    Contoh soal:

    Tuliskan bilangan yang bernilai 25.450 dengan nilai tempat yang sesuai.

    Soal ini menguji pemahaman siswa tentang nilai tempat bilangan. Mereka harus dapat menempatkan angka-angka pada posisi yang benar sesuai dengan nilai posisinya.

    Menghargai Budaya dan Nilai-nilai Luhur dalam Soal Matematika

    Contoh soal:

    Seorang petani memelihara 84 ekor ayam. Setiap ayam bertelur 2 butir telur setiap hari. Berapa banyak telur yang dihasilkan oleh seluruh ayam tersebut dalam seminggu (7 hari)?

    Selain menguji keterampilan matematika, soal ini juga menanamkan nilai-nilai luhur, seperti kerja keras (pemeliharaan ayam) dan hasil yang berlimpah (telur yang dihasilkan). Dengan demikian, soal matematika dapat menjadi sarana untuk memperkuat karakter siswa.

    Soal Esai

    Materi Aljabar

    – Menyajikan masalah dalam bentuk aljabar- Menyelesaikan masalah aljabar dengan operasi dasar- Mengevaluasi hasil operasi aljabar

    Menyajikan Masalah dalam Bentuk Aljabar

    Sebuah persegi panjang memiliki panjang (x + 5) cm dan lebar (x – 2) cm. Nyatakanlah keliling persegi panjang tersebut dalam bentuk aljabar.

    Menyelesaikan Masalah Aljabar dengan Operasi Dasar

    Seorang pedagang membeli 2 karung beras. Karung pertama berisi (2x + 3) kg beras, sedangkan karung kedua berisi (x – 5) kg beras. Jika harga per kg beras adalah Rp5.000,00, berapa jumlah uang yang harus dibayarkan pedagang tersebut untuk membeli kedua karung beras?

    Mengevaluasi Hasil Operasi Aljabar

    Jika nilai x = 5, tentukanlah hasil dari operasi aljabar berikut:

    a. 3x + 2

    b. 2x2 – 5x + 3

Leave a Comment